Saturday, November 2, 2019

Bunyi pada tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas 4 SD revisi 2017

Perambatan Bunyi
Bunyi dapat merambat dari sumber bunyi ke tempat lain melalui perantara media. Media tersebut dapat berbentuk benda Padat, Cair, dan Gas. 

a. Bunyi merambat melalui benda gas
Contoh dari benda gas adalah udara. Jika hujan terkadang kita dengar suara petir. Suara petir bisa sampai ke telinga kita karena adanya perantara untuk merambatkan suara petir yaitu udara.

b. Bunyi merambat melalui benda cair 
Jika kita memukul kaleng di dalam air, maka kamu akan mendengat bunyi tersebut. Karena bunyi kaleng merambat melalui air tersebut.

c. Bunyi merambat melalui benda padat.
Tempelkan telingamu pada meja/ lemari, mintalah salah satu temanmu untuk mengetuh meja/lemari tersebut dan kamu akan mendengar bunyi ketukan tersebut. Hal itu terjadi karena bunyi merambat melalui benda padat.

Pemantulan Bunyi
Bunyi merupakan sebuah gelombang, sehingga bunyi mengalami pemantulan. Berikut ini jenis-jenis bunyi pantul :
1. Bunyi yang memperkuat bunyi asli.
Bunyi tersebut terjadi apabila sumber bunyi mempunyai jarak yang sangat dekat dengan dinding pemantulnya. Dengan demikian bunyi pantulnya akan terdengar jelas dan bersamaan dengan bunyi aslinya. Contohnya adalah suara seseorang yang berada di ruang kecil akan terdengar jelas.

2. Gaung
Gaung adalah bunyi pantul yabg terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya sehingga bunyi terpantul berulang-ulang. Gaung terjadi apabila bunyi dipantulkan pada permukaan yang kasar. Contoh gaung adalah pemantulan bunyinyang terjadi di dalam bioskop. Untuk menghindari terjadinya gaung, maka dinding di dalam bioskop, studio, atau gedung konser dilapisi dengan bahan yang lunak seperti karpet, busa karet, dan gabus.

3. Gema
Gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli. Gema terjadi karena jarak antara sumber bunyi dengan dinding pemantulnya. Contohnya adalah bunyi pantul yang dihasilkan oleh dinding antara bangunan (dasar sumur) dan dasar suatu ruangan.

Jenis Bunyi  yang Lain
Berikut ini jenis-jenis bunyi yang lain :
1. Nada adalah bunyi yang mempunyai frekuensi yang teratur.
2. Desah adalah bunyi yang memiliki frekuensi tidak teratur.
3. Dentum adalah bunyi yang mempunyai amplitudo yang sangat besar dan terdengar mendadak.
4. Warna bunyi (timbre) adalah bunyi yang memiliki frekuensi yang sama, tetapi terdengar berbeda.

Resonansi Bunyi
Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena ada benda lain yang bergetar. Frekuensi benda yang bergetar nilainya sama dengan frekuensi benda yang dipengaruhinya. Berikut ini peristiwa frekuensi yang menguntungkan dan merugikan:

1. Resonansi yang menguntungkan, yaitu resonansi yang terjadi pada alat musik, seperti gitar, gamelan, dan genderang.

2. Resonansi yang merugikan, yaitu resonansi yang terjadi pada suara deru pesawat terbang yang dapat membuat kaca pecah.

No comments:

Post a Comment