Sunday, November 3, 2019

PERMAINAN CONGKLAK ATAU DAKON


H


Bagi kita yang lahir ditahun 90an pastinya tak asing dengan permainan congkak. Jika saat ini kita lihat perkembangan zaman yang begitu pesat dan teknologi yang terus berkembang menggusur permainan tradisional dari dunianya anak-anak. Lalu apa itu congklak? Bagaimana cara memainkannya? Mari kita simak artikel berikut ini :

CONGKLAK
Congklak adalah permainan tradisional yang ada di Indonesia. Di setiap masing-masing daerah permainan ini memiliki nama yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya dengan peemainan congklak dan ada pula yang menyebutnya dengan permainan dakon. Dalam permainan ini terdapat unsur persaingan yang sportif, kejujuran, dan interaksi antardua pemain.

Pemain
Untuk melakukan permainan ini membutuhkan dua orang pemain untuk memindahkan biji-biji congklak dalam papan congklak.

Persiapan
Sebelum permainan dimulai, para pemain mengisi papan congklak dengan biji-bijian atau kulit kerang. Ada juga yang menggunakan kelereng dan batu-batuan. Dalam papan congklak terdapat 16 lubang yang terdiri atas 14 lubang kecil dan 2 lubang besar di ujungnya. Setiap 7 lubang kecil di sisi pemain dan satu lubang besar di sisi kanannya dianggap sebagai milik pemain. Masing-masing pemain mengisi lubang yang dianggap miliknya dwngan 7 buah biji-bijian. Sebelum permainan dimulai pemain mengunfi siapa dulu yang akan memulai permainan. Biasanya undian dilakukan dengan cara suten / gamsut menggunakan jari tangan.

Cara Memainkan
Permainan congklak dimainkan dengan cara pemain yang menang suten terlebih dahulu mengambil biji dari lubang yang dipilihnya, lalu diisikan satu persatu ke lubang-lubang sebelah kanannya. Bila biji habis di lubang kecil yang terisi biji lainya, ia dapat mengambil biji tersebut, lalu mengisikannya kembali kelubang-lubang di sebelah kanannya. Biji biji habis di lubang besar miliknya, maka ia bisa menilih lubang kecil di sisinya, dan apabila biji habis di lubang miliknya, sedangkan dihadapan terdapat biji pada lubang lawan, maka biji tersebut dapat diambilnya. Namun bila berhenti di lubang kosong, maka ia tidak mendapatkan apa-apa. Permainan dianggap berhenti apabila sudah tidak ada lagi papan yang terisi biji congklak.

Manfaat permainan Congklak
Manfaat yang dapat kita peroleh dari permainan congklak, antara lain :
1. Melatih kejujuran dan sportivitas dari masing-masing pemain.
2. Melatihcara mengatur keuangan
3. Melatih untuk terampil dan cermat
4. Melatih diri untuk beeinteraksi sosial dengan orang lain dengan cara yang akran, adil, dan tetap selira.

No comments:

Post a Comment