Thursday, April 2, 2020

MATERI SBDP TEMA 9 MENGENAL TANGGA NADA KELAS 5 KURIKULUM 2013


Mengenal Tangga Nada

Dalam permainan musik kita akan mengenal tangga nada. Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang, misalnya 1 2 3 4 5 6 7 i. dalam bidang seni musik tanggga nada dibedakan menjadi dua, yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada diatonis merupakan tangga nada yang terdiri atas tujuh nada.
Tangga nada diatonis dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

Tangga nada diatonis mayor
Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang susunan nadanya berjarak 1 – 1 – ½  1 – 1 – 1 – ½ . contoh tangga nada mayor sebagai berikut :
tangga nada diatonis mayor

Tangga nada diatonis minor
Tangga nada diatonis minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanya 1 – ½  1 – 1  – ½ - 1 – Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu minor asli, minor harmonis, dan minor melodis.
Tangga nada minor asli masih merupakan nada-nada pokok, sebelum mendapatkan nada sisipan. Berikut ini contoh tangga nada minor asli.

tangga nada diatonis minor asli
Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada dengan nada ketujuh dinaikkan setengah laras. Pada saat turun jaraknya tetap sama. Berikut ini contoh tangga nada minor harmonis:
tangga nada minor harmonis


Tangga nada minor melodis adalah tangga nada minor asli dengan nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun nada ke-6 dan ke-7 turun setengah laras.

tangga nada minor melodis
Kita akan tau perbedaan tangga nada mayor dan minor jika dimainkan menggunkan alat musik. Lagu menggunakan tangga nada mayor jika dimainkan akan terdengar ceria. Berbeda jika kita memainkan musik dengan tangga nada minor akan terdengar sedih. Walaupun demikian, lagu minor yang syairnya lucu dengan tempo cepat akan terkesan gembira. Kecepatan dapat mempengaruhi kesan. 

No comments:

Post a Comment