Friday, March 15, 2019

MATERI IPA TEMA 9 ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN SD KELAS 5 KURIKULUM 2013

Semua Benda disekitar merupakan materi. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan zat Campuran.
a. Zat Tunggal
Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Contoh benda terasuk zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat.
b. Campuran
Campuran adalah zat yang diberikan atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.
1) Campuran Homogen
Campuran homogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan.
Contoh: Air garam, Sirop, Udara, Perunggu, Kuningan.
2) Campuran Heterogen
Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur secara sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan.
Contoh: Campuran air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.
Setelah memahami mengani zat tunggal dan zat campuran. Apa sebenarnya materi, zat tunggal, dan zat campuran itu?
1. Maeri adalah setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Ada banyak jenis materi dilingkungan kita. Beberapa contoh diantaranya: air, batu, kayu, besi, plastik, dan oksigen atau udara. Banyaknya jenis materi tersebut dapat dikelompokkan menjadi benda padat, cair, dan gas. Sedangkan berdasarkan komponen atau zat penyusunnya dibedakan menjadi zat tunggal dan zat campuran.

2. Zat tunggal atau disebut juga zat murni merupakan zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.

a. Unsur adalah zat kimia yang tidak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih kecil atau lebih sederhana. Jenis logam terbagi menjadi dua, yaitu unsur logm dan unsur non logam. Contoh dari unsur logam adalah perak, besi, emas, dan platinum. Adapun contoh dari unsur nonlogam, yaitu hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.

b. Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur. Contoh dari senyawa adalah garam, air, dan gula.

8 comments: