Wednesday, February 7, 2018

MATERI MENYUSUN KARANGAN BAHASA INDONESIA

A. Menyususn Karangan dengan Berbagai Topik

Setelah mempelajari ini, kamu dapat menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan. pada kegiatan pembelajaran sebelumnya, kamu sudah dapat membaca bacaan dan dapat pula menyimpulkan isi masing-masing paragraf.
Paragraf adalah sekumpulan kalimat yang mempunyai kalimat utama atau pikiran pokok. Ketika kamu akan membuat sebuah karangan, jamu harus terlebih dahulu membuat kerangka karangan. Begitu juga ketika kamu menyusun sebuah paragraf, kamu harus menentukan terlebih dahulu pikiran pokok.

1.      Langkah-Langkah Menyusun Karanga

a. Menentukan tema atau topik karangan, merupakan pokok pikiran yang digunakan sebaai dasar pembuatan sebuah karangan.
b. Menentukan Tujuan, misalya membuat karangan dengan tujuan menceritakan suatu peristiwa, berisi ajakan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu, atau berisi pendapat-pendapat tentang sesuatu.
c. Menyusun kerangka karangan, adalah rencana kerja yang memuat garis-garis besar suatu karangan. Fungsi kerangka karangan sebagai berikut:
1)      Memberikan kemudahan dalam menyusunkarangan
2)      Untuk menghindari adanya pengulangan cerita sehingga karangan menjadi lebih runtut dan teratur.
3)      Membantu pengumpulan sumber-sumber yang diperlukan.
4)      Memudahkan penempatan antara bagian penting dan bagian kurang penting.

d. Mengumpulkan bahan-bahan tulisan, sumber bahan dapat diperoleh dari buku-buku, catatan harian, majalah, Koran, tabloid, internet, dan lain-lain.
e. Mengembangkan kerangka karangan, kerangka karangan yang sudah dibuat kemudian dikembangkan dalam bentuk paragraf-paragraf sehingga menjadi karangan yang utuh.
f. Kebahasaan, menggunakan perposisi di-, ke-, dari- yang menunjukkan tempat

No comments:

Post a Comment