Friday, March 15, 2019

RINGKASAN MATERI MACAM MACAM KEBUTUHAN MANUSIA

Setiap manusia melakukan sebuah kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari penghasilan melakukan kegiatan ekonomi manusia dapat memenuhi kebtuhan hidupnya. Oleh karena itu, dalam memenuhi kebutuhannya manusia harus membuat skala prioritas kebutuhan hidupnya. Dengan adanya skala prioritas maka dapat menghambat terjadinya pengeluaran lebih 
besar daripada pemasukan. Skala prioritas ini berisakan kebutuhan yang lebih mendesak terlebih agar terpenuhi.

A. Kebutuhan manusia

Kebutuhan adalah sesuatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut adanya pemenuhan. Apabilatidak terpenuhi maka akan mempengaruhi kehidupan.

1. Macam-macam kebutuhan menurut intensitasnya atau tingkatannya :

a. Kebutuhan primer atau kebutuhan pokok
Kebutuhan primer merupakan kebutuhan hidup yang harus terpenuhi karena bila tidak terpenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup. Contoh: Makanan, Pakaian, Rumah.


b. Kebutuhan sekunder atau kebutuhan tambahan
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Merupakan perlengkapan dari kebutuhan primer. Contoh: perabotan rumah tangga, lemari, alorji, radio, sabun, dan lain-lain.

c. Kebutuhan Tertier atau kebutuhan barang mewah
Kebutuhan tertier merupakan kebutuhan yang dipenuhisetelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan ini bergantung pada kondisi keuangan masing-masing orang. Contoh: perhiasan, hiasan dinding, dan lain-lain,

2. Macam-macam kebutuhan menurut sifatnya:


a. Kebutuhan jasmani
Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang bersifat memberi kepuasan pada badan atau jasmani (bersifat materi). Contoh: makanan, obat, minuman, kesehatan, olahraga, dan lain-lain.

b. Kebutuhan rohani
Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang dirasakan untuk kepentingan jiwa manusia. Jika kebutuhan ini terpenuhi maka akan merasakan kepuasan, rasa aman, dan tenang. Contoh: rekreasi, agama, menonton TV, baca buku, pendidikan, dan lain-lain.

3. Macam-macam kebutuhan berdasarkan waktu penggunaannya:

a. Kebutuhan sekarang
Yaitu kebutuhan manusia yang harus segera dipeuhi pada saat dibutuhkan.

b. Kebutuhan masa yang akan datang
Yaitu kebutuhan manusia yang pemenuhannya dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang.

4. Macam-macam kebutuhan menurut subjeknya

a. Kebutuhan individu
Yaitu kebutuhan yang berhubungan langsung dengan perorangan

b. Kebutuhan kelompok (kolektif)
Yaitu kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama. Contoh: jalan, jembatan, sekolah, pasar, lapangan, dan lain-lain.

B. Faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan manusia:

  1. Jenis kelamin
  2. Tingkat pendidikan
  3. Lingkungan tempat tinggal
  4. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
  5. Tingkat pendapatan
  6. Status sosial
  7. Perbedaan selera


C. Alat pemenuh kebutuhan.


1. Alat pemenuh kebutuhan menurut kelangkaannya atau cara memperolehnya.

a. Barang ekonomi, adalah semua barang yang keberadaanya terbatas sehinga untuk memperolehnya perlu pengorbanannya terbatas sehingga untuk memperolehnya perlu pengorbanan baik materiil maupun fisik. Contoh: air kemasan, sabun, kursi, dan lain-lain.

b. Barang bebas, adalah barang yang jumlahnya banyak sehingga untuk memperolehnya tidak perlu pengorbanan. Contohnya: cahaya, matahari, udara, dan air.

2. Alat pemenuh kebutuhan menurut hubugannya dengan barang lain:

a. Barang subtitusi, adalah barang yang dalam penggunaannya saling dapat menggantikan dan barang lain dengan syarat barang tersebut memiliki kegunaan yang sama. Contohnya: nasi merupakan makanan pokok, namun dapat digantikan dengan singkong, atau gula yang dapat digantikan dengan gula merah.

b. Barang komplementer, adalah barang yang penggunaannya dapat saling melengkapi satu sama lain, karena bila tidak ada salah satu maka kurang bermanfaat atau tidak dapat dimanfaatkan. Contohnya, motor tidak bisa berjalan jika tidak ada bahan bakarnya atau bensin, lampu tidak akan menyala tanpa adanya energi listrik.

3.Alat pemenuh kebutuhan menurut tujuan penggunaannya:

a. Barang produksi (barang modal)
Karena barang ini tidak dapat langsung memenuhi kebutuhan manusia tetapi melalui proses dahulu baru dapat digunakan. Contoh: lahan, mesin, gedung.

b. Barang konsumsi
Barang yang dapat digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia.

4.Alat pemenuhan kebutuhan menurut proses pembuatannya
a.Barang mentah.
Barang yang belum dapat digunakan memenuhi kebutuhan tetapi harus melalui proses produksi.

b.Barang setengah jadi
Barang atau alat pemuas kebutuhan yang masih dalam proses produksi  contoh: benang, tepung.

c. Barang jadi
Barang atau alat pemuas kebutuhan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh: kue, nasi, alat tulis, tas, baju, dan lain-lain.

1 comment:

  1. babyliss pro nano titanium. Home » Titanium Art » Home » Home » babylon-arts
    All of our products are in-store, pre-owned, aluminum vs titanium tested and ship samsung galaxy watch 3 titanium as is. · Auction -. titanium or ceramic flat iron All items are pre-owned. · Auction titanium engine block -. All items are titanium scissors pre-owned.

    ReplyDelete