Friday, November 15, 2019

MATERI BENTUK-BENTUK ENERGI

Ada beberapa bentuk energi :
1. Energi Panas
Energi panas adalah energi yang dihasilkan dari panas suatu benda. Jadi, energi panas berasal dari benda yang memiliki suhu tinggi. Contoh benda yang memiliki suhu tinggi adalah matahari dan api. Panas yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Misalkan panas matahari dapat dimanfaatkan untuk menjemur pakaian, membuat ikan asin. Panas juga dapat dihasilkan dari gesekan dari dua benda. Panas dapat disebut juga kalor.

2. Energi Cahaya
Energi Cahaya adalah energi yang dipancarkan oleh sumber cahaya. Misalnya, energi cahaya yang dipancarkan oleh matahari, bintang, api dan lampu. Cahaya matahari dapat dimanfaatkan tumbuhan untuk membuat makanan melalui fotosintesis serta dapat menerangi bumi dan segalaisinya saat siang hari. Di malam hari, kita memerlukan energi cahaya untuk menerangi ruangan. Energi tersebut berasal dari lampu yang dinyalakan.
Cahaya juga digunakan pada mecusuar untuk memberikan arahan bagi kapal dalam pengetahuan posisinya, peringatan bahaya, dan memberitahukan daratan sudah dekat.

3. Energi Gerak
Energi gerak dapat disebut juga energi kinetik. Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda yang sedang bergerak. Contoh : air yang mengalir, angin, orang yang berlari, kereta yang berjalan, dll.

4. Energi bunyi
Gitar yang dipetik akan menghasilkan bunyi. Bunyi ini dihasilkan dari dawai yang bergetar.  Bunyi tersebut adalah getaran yang kita dengar. Bunyi merambat melalui udara. Bunyi juga dapat merambat melalui benda padat dan benda cair.

5. Energi listrik
Energi listrik adalah energi yang timbul karena adanya arus listrik. Alat yang dapat menghasilkan energi listrik disebut sumber listrik. Contoh sumber listrik, antara lain, baterai, aki, dan generator. Beberapa alat listrik seperti kipas angin, setrika listrik, pompa air listrik, lampu listrik, dan blender dapat berfungsi karena adanya energi listrik.

6. Energi Kimia
Energi kimia adalah energi yang dikeluarkan dari hasil reaksi kimia. Energi kimia banyak terdapat dalam bahan makanan dan bahan bakar. Makanan yang kita makan yang kita makan menghasilkan energi kimia. Dengan menggunakan energi kimia kita dapat melakukan berbagai hal .

No comments:

Post a Comment